Pemanfaatan Potensi Wisata Berbasis Budaya dan Sumber Daya Alam di Kecamatan Pulosari

AdminDesa/ Agustus 10, 2020/ Tak Berkategori/ 0 comments

Kali ini, kita akan membahas mengenai pemanfaatan potensi wisata berbasis budaya dan sumber daya alam yang ada di Kecamatan Pulosari.

Apa itu ekowisata?

Ekowisata adalah suatu jenis pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan aktivitas melihat, menyaksikan, mempelajari, mengagumi alam, flora dan fauna, sosial-budaya etnis setempat, dan wisatawan yang melakukannya ikut membina kelestarian lingkungan alam di sekitarnya dengan melibatkan penduduk lokal.

Nah, kalau begitu, apa saja potensi ekowisata itu?

Ternyata ekowisata berpotensi untuk secara langsung membantu perekonomian negara, lalu berpotensi untuk berkembang menjadi wisata berkelanjutan. Ekowisata juga dapat membantu transfer pengetahuan mengenai warisan budaya dan alam kepada pengunjung. Partisipasi penduduk lokal dalam perencanaan, pembanguna, dan operasinal objek wisata juga dapat meningkat dengan adanya ekowisata. Bahkan, kita juga dapat berkontribusi aktif dalam konservasi budaya dan alam.

Lalu, bagaimanakah prinsip ekowisata itu?

Ekowisata memiliki prinsip mencegah dan menanggulangi dampak dari aktivitas wisatawan terhdapa alam dan budaya melalui pencegahan dan penanggulangan yang disesuaian dengan sifat dan karakter alam dan budaya setempat serta pendidikan konservasi lingkungan. Pendapatan dari ekowisata juga langsung untuk kawasan dan partisipasi masyarakat juga termasuk dalam perencanaan. Ekowisata juga memiliki prinsip harus menjaga keharmonisan dengan alam dan daya dukung lingkungan, serta penghasilan masyarakat dan peluang penghasilan pada porsi yang besar terhadap negara.

Info lebih lengkap mengenai ekowisata dapat dilihat pada gambar di bawah ini ya!

Share this Post

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*